Teknologi Game

Nama : Feral Ardiansyah

NPM : 50407361

Dosen : Remi Sanjaya

Materi : Game Puzzle Number

Nama Kelompok : Andra Darliansyah, Feral Ardiansyah, Joko Adi, Rigi Martusi

Kelas : 3ia16

No.Kelompok : Kelompok 10

TUJUAN

Tujuan dari pembuatan game ini adalah mengimplementasikan penerapan algoritma Breadth First Search (BFS) dan Depth First Search (DFS) sehingga dapat digunakan untuk mengoptimalkan waktu dalam menyelesaikan permainan N-puzzle. Permainan ini juga dapat dijadikan salah satu media alternatif  untuk mengisi waktu senggang. Selain itu, permainan puzzle juga termasuk salah satu jenis permainan edukasi yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan nalar dan logika.

Perancangan Aplikasi

Tahap perancangan aplikasi dilakukan dengan perancangan tatap muka (interface) game, perancangan alur program, dan penyiapan software bahasa pemrograman Visual Prolog 7.1.

Algoritma

Salah satu algoritma yang digunakan untuk mengembangkan program permainan adalah algoritma berbasis pohon ruang pencarian, yaitu DFS dan BFS. Dalam permainan Puzzle Number ini, akan diimplementasikan algoritma tersebut BFS.
Breadth First Search (BFS) merupakan pencarian yang dilakukan dengan mengunjungi tiap-tiap node secara sistematis pada setiap level hingga  keadaan tujuan (goal state) ditemukan. Atau dengan kata lain, penulusuran   yang dilakukan adalah dengan mengunjungi tiap-tiap node pada level yang sama hingga ditemukan goal state-nya.

Konsep AI

Puzzle Number adalah permainan tradisional yang direpresentasikan dalam papan n x n, dimana setiap blok papan di beri angka dari 1 sampai (n² – 1) dan satu buah papan kosong (blank), yang terurut dari sisi kiri atas papan sampai kanan bawah. Satu papan kosong (disisi paling kanan) digunakan untuk memindahkan papan-papan disekelilingnya. Pemindahan bisa dilakukan dengan memindahkan papan kosong tersebut ke atas, ke bawah, ke kanan, atau ke kiri. Papan yang kosong harus terus dipindah-pindahkan agar solusi akhir didapat. Solusi akhir dari permainan ini adalah papan-papan tersebut terurut dari nilai yang paling kecil hingga yang paling besar seperti pada gambar dibawah ini

1 2 3 4
5 6 7 8
9 10 11 12
13 14 15
  • Keadaan Awal dan Tujuan

Dimisalkan diberi persoalan Puzzle Number dengan n = 9, state awal puzzle diperlihatkan seperti gambar 1 dibawah ini. Dan state akhirnya di minta seperti gambar 2.

Gambar 1

1 13 7 4
5 2 8
9 12 11 3
10 14 6  15
Gambar 2
1 2 3 4
5 6 7 8
9 10 11 12
13 14 15

Alur Program

*/ Eksekusi Program.
*/ Mulai dengan mengacak terlebih dahulu susunan papan-papan.
*/ Mulai menyusun papan sesuai dengan urutan dari 1 – 15 dengan cara menggese papan  ke posisi yang kosong.
*/ Jika puzzle sudah tersusun maka pemain dinyatakan menang.
*/ Jika puzzle belum tersusun maka user dapat menyimpan permainan.
*/ Tapi jika pemain tidak dapat menyusun dengan benar maka keluar dari permainan.

Tampilan Game


–        Button Angka 1-15     : merupakan papan-papan yang digunakan sebagai komponen dari inti permainan yang nantinya akan diacak dan disusun oleh user.

–        Button Mix                    : digunakan untuk mengacak angka pada papan puzzle.

–        Button Reset                 : digunakan untuk mengembalikan urutan angka pada papan puzzle seperti keadaan awal.

–        Button Exit                 : digunakan untuk keluar dari permainan.

–        Button Save                : digunakan untuk menyimpan permainan.

–        Button Open               : digunakan untuk memanggil kembali permainan yang telah disimpan sebelumnya.

–        Button Play                 : digunakan untuk menyelesaikan puzzle dari permainan yang telah disimpan dan dipanggil sebelumnya.

Download

Software Visual Prolog

http://www.mediafire.com/?dedo5i1sro3tt0d

atau

http://www.mediafire.com/file/dedo5i1sro3tt0d/vip7100pe.exe

Game Puzzle Number

http://www.mediafire.com/?gj4qia0eg9u1u82

atau

http://www.mediafire.com/file/gj4qia0eg9u1u82/Puzzle%20Number.rar

note : Install terlebih dahulu visual prolog 7.1 di komputer.  Untuk Menjalankan game cari file game dengan nama Puzzle Number.prj6 klik ok lalu akan masuk ke visual prolognya, cari di toolbar atas tanda ikon E ( execute ) klik. Setelah itu akan masuk ke jendela game cari lagi di toolbar atas dengan nama fifteen game lalu klik ok, maka game akan jalan.

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: